George A. Wyman, Inspirator Touring Motor Dunia

Touring merupakan istilah yang sangat akrab dikalangan bikers. Istilah tersebut merujuk pada kegiatan perjalanan jarak jauh menggunakan sepeda motor. Menikmati keindahan alam diiringi suara merdu deru mesin motor, merupakan sebuah penghilang penat bagi para bikers. Namun tahukah kamu siapa yang melakukan touring pertama kali di dunia?


Menurut catatan sejarah, George A. Wyman adalah orang yang pertama kali melakukan touring motor di dunia.  Pria berkebangsaan Amerika Serikat ini melakukan touring pertama kali pada tahun 1903 silam. Ia melakuakn perjalan sejauh 6.080 Km dari San Fransisco ke New York. Medan yang dilalui sangat beragam, mulai dari padang pasir, pegunungan hingga daerah rawa. Wyman membutuhkan total 50 hari untuk menyelsaikan perjalanan ini.

Hal ini sangat menakjubkan mengingat teknologi sepeda motor saat itu, berbeda dengan saat ini. Wyman mengendarai California Motor Bike. Motor bermesin kecil tersebut hanya memiliki mesin bertenaga 1,25 tenaga kuda.


Kisah perjalanan Wyman ini kemudian diabadikan dalam bentuk buku harian. Buku harian tersebut dipublikasikan di majalah The Motorcyle secara bertahap pada tahun 1903.  Kisah perjalanan inilah yang menginspirasi para bikers di seluruh dunia  untuk mulai melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor. Karena pada masa itu sepeda motor hanyalah alat transportasi jarak dekat. Untuk perjalanan jarak jauh umumnya menggunakan kereta api.

Seiring dengan berjalannya waktu, seperti yang kita tahu touring menjadi sebuah ritual bagi para bikers. Jika saat pertama kali dilakukan touring hanya melibatkan seorang bikers saja. Saat ini touring umumnya dilakukan beramai-ramai.Selain sebuah kegiatan rekereasi, touring telah berkembang menjadi sebuah ajang sosial di kalangan bikers.


Itulah bro, kisah seorang George A. Wyman yang melakukan

perjalanan membelah daratan Amerika Utara mengendarai sepeda motor. Ia adalah seseorang yang sangat berpengaruh terhadap dunia otomotif roda dua. Dialah sosok yang mengilhami para bikers untuk bersenang-senang melakukan perjlanan jauh, hingga terus berkembang dan akhirnya kita kenal dengan sebutan touring motor.


Nantikan touring seru dari Corsa pada awal bulan April 2017. Touring ini akan diikuti oleh empat riders yang sudah teruji ketangguhannya. Mereka akan menempuh perjalanan di pulau Sumatera dan Jawa, dengan 24 destinasi untuk satu pembuktian. Tunggu terus untuk updatenya di Instagram @CorsaMC bro!