04.19.2022 - 03:45

Ciri-ciri Ban Motor yang Harus Segera Diganti

Hi, Corsa Riders! Balik lagi nih sama Bang Rocas. Kali ini, Bang Rocas mau ngebahas ciri-ciri ban motor yang harus segera kamu ganti, nih. Jangan nunggu ban motor gundul atau botak dulu, baru deh diganti. Soalnya, banyak banget orang-orang yang enggak sadar kalau ban motornya udah gundul sampai akhirnya licin dan jadi membahayakan pas kamu lagi berkendara. Padahal, ada loh tanda-tanda yang mesti kamu perhatiin. Apa aja sih ciri-ciri ban motor yang harus segera diganti? Ban Motor Mencapai TWI (Tread Wear Indicator) TWI atau tread wear indicator itu suatu penanda yang posisinya ada di sisi permukaan ban. TWI ini bentuknya segitiga dan dirancang khusus untuk jadi penanda keausan ban motor. Keausan sendiri maksudnya tuh kondisi di mana hilangnya atau rusaknya tapak ban atau permukaan karet ban karena ada gesekan yang terjadi ketika ban mengaspal di jalan. Nah, kalau tanda TWI makin deket sama ban, artinya ban motor mulai tipis. Mesti diingat ya Corsa Riders, berarti kamu harus cepet-cepet ganti ban motor! Alur Kembang Jadi Tipis Corsa Riders harus rajin-rajin perhatiin ya alur kembang yang ada di ban motor. Alur kembang ini bentuknya bergaris, fungsinya buat memecah genangan air. Jadi, ban motor kamu tetap terkontrol pas hujan atau pas kamu lewati jalanan becek. Kalau si alur kembang ini menipis, tandanya bahwa ban motor udah gundul atau botak. Idealnya sih untuk ganti ban motor sekitar setahun sampe dua tahun, cuma kalau motor kamu sering dibawa jarak jauh, enggak perlu nunggu sampe setahun. Motor Jadi Kerasa Oleng pas Dibawa Ciri-ciri ban motor yang mesti kamu ganti lainnya yaitu pas kamu ngerasa oleng pas lagi ngendarain motor. Makin-makin kerasa pas lagi belok atau kamu nyoba buat bermanuver di aspal rata. Jangan lama dibiarin, ya! Kamu harus cepet periksa. Kalau tapak ban ada benjolan dan gundul, harus segera diganti karena udah enggak layak! Ada Benjolan di Ban Motor Corsa Riders pasti suka enggak sadar nih kalau kamu bawa motor terlalu ngebut sampai ada benturan keras, dipastikan bakal muncul benjolan di ban motor kamu meskipun kecil. Please, jangan disepelein. Permukaan ban motor yang enggak rata dan ada benjolan ini bahaya banget, loh. Soalnya ban motor kamu bisa bocor bahkan meledak. Ada Gundulan di Tepi atau Sisi Tertentu Ban Ciri-ciri ban motor yang mesti diganti dan mudah banget untuk dilihat, adanya gundulan di tepi atau sisi tertentu ban. Banyak faktor nih yang menyebabkan ada gundulan pada ban motor, salah satunya tekanan angin yang terlalu rendah. Bang Rocas punya solusi buat kamu supaya tekanan angin ban motor tetep stabil tuh lebih baik mengisi angin ban pake jenis angin nitrogen. Soalnya, angin nitrogen ini punya stabilitas yang jauh lebih baik daripada udara biasa. Kalau isi ban pake angin nitrogen tuh bisa buat ban lebih awet, Corsa Riders terutama buat tipe ban tubeless. Nah, itu dia 5 ciri-ciri ban motor yang udah harus diganti ya, Corsa Riders! Mulai sekarang, kamu harus lebih aware karena menyangkut keselamatan kamu juga pas lagi ngendarain motor di jalan. Jangan lupa ya Corsa Riders untuk cek ban Corsa langsung di website https://www.corsa-tire.co.id/. Di situ, kamu bisa liat-liat ban Corsa dengan kualitas bahan yang ciamik.
05.18.2022 - 06:59

Tips Merawat Motor Selama Ramadan

Hai, Corsa Riders! Balik lagi nih sama artikel Bang Rocas. Kali ini, Bang Rocas mau bagi-bagi tips, gimana sih cara merawat motor kamu selama Ramadan.Soalnya, penting banget buat jaga kondisi motor apalagi kamu yang sering pake motor untuk aktivitas sehari-hari dan ditambah punya rencana untuk naik motor pas mudik lebaran nanti. Apa aja sih yang perlu diperhatiin? Bahan BakarBang Rocas saranin, kamu harus pastiin kondisi bahan bakar. Kalau motor kamu jarang dipake, baiknya sih tangki bahan bakar kondisinya harus full tank, demi menghindari terjadinya penguapan.Selain itu, kamu juga harus cek nih apakah ada kebocoran dari bahan bakar. Misalnya, dengan bau bahan bakar di sekitar motor.Oli MesinPas cek oli  mesin, gunain stik oli mesin, ya! Fungsinya, buat ngecek apakah level oli mesin motor kamu, masih dalam batas normal atau enggak. Terus, cek juga apakah ada kebocoran oli di sekitar motor.RemTips yang ketiga, Bang Rocas saranin cek sistem pengereman. Caranya, teken tuas rem, apakah masih berfungsi dengan normal atau enggak, dan pastiin juga lampu rem belakang masih nyala.Terus perhatiin juga nih level minyak rem lewat celah intip reservoir, pastiin ya Corsa Riders reservoir motor kamu masih ada dalam batas normal.Cek Throttle (Gas)Coba ya untuk cek throttle atau gas. Caranya, putar throttle pelan-pelan dan enggak ada kesan nyangkut. Soalnya, bisa ngebahayain pas bawa motor.Perhatikan Kondisi BanNah, ban juga jadi salah satu komponen yang harus kamu perhatiin ya, Corsa Riders! Pastiin alur ban masih dalam batas normal, caranya gimana? Liat tanda keausan dari ban dan juga fisik bannya.Ban yang udah keausan dan udah ngelewatin batas, bakal ngebahayain kamu pas bawa motor soalnya daya traksi bannya berkurang.Pastikan Signal Indikator dan Lampu MenyalaTips berikutnya dari Bang Rocas untuk ngerawat motor selama Ramadan ini, pastiin semua signal indikator dan lampu motor kamu nyala ya, Corsa Riders!Eits, jangan ketinggalan juga buat cek website-nya Corsa di https://www.corsa-tire.co.id/ untuk liat-liat ban tangguh di sana. Kali aja Corsa Riders ada yang berencana untuk ganti ban baru!
04.11.2022 - 08:39

3 Penyebab Ban Motor Kempes Saat Terparkir di Rumah dan Cara Mencegahnya

Hai, Bikers! Apa kabar? Moga kalian diberikan kesehatan, ya! Balik lagi nih bersama artikel Bang Rocas, yang kali ini bakal membahas soal penyebab ban motor kempes pas diparkir lama di rumah dan cara mencegah supaya ban motor kalian enggak gampang kempes. Salah satu penyebab ban motor gampang kempes pas diparkir lama di rumah yaitu karena tekanan angin ban motor kalian kurang. Kenapa? Soalnya lipatan di dinding samping ban yang kekurangan angin, enggak bisa menahan beban motor. Next, pentil ban motor kamu enggak terpasang. Pentil ban ini kan fungsinya jadi tempat masuk-keluarnya angin dari ban. Jadi, kalau pentil ban-nya enggak terpasang, ya udara di dalam ban motornya pelan-pelan bakal kebuang. Nah, penyebab ban kempes yang terakhir biasanya ban motor kamu ban-nya tipis. Makanya kamu harus selalu ngecek dan ganti ban kalau usia ban depan motor enggak lebih dari 1,5 tahun dan ban belakang sekitar 10 bulan. Lalu, gimana cara mencegah ban supaya enggak gampang kempes? Baiknya nih kamu isi angin motor pake nitrogen karena lebih stabil dibanding angin biasa. Angin nitrogen punya kandungan partikel molekul yang ukurannya lebih besar nih, Bikers dibanding angin biasa. Nah, gara-gara partikel yang lebih besar itu, ngebuat angin susah keluar dari pori-pori ban-nya. Keuntungannya, ban motor kamu enggak gampang kempes. Selain itu, tips simpel yang kedua yaitu gunakan standar tengah atau standar dua. Soalnya kalau bersentuhan langsung ke keramik atau lantai, pori-pori ban motor bakal kebuka. Itulah penyebab dan cara mencegah ban motor supaya enggak gampang kempes saat lama diparkir di rumah, apalagi pas lagi di masa pandemi, kebanyakan beraktivitas di rumah. 
03.23.2022 - 12:58

Tips Riding Nyaman dan Simple Ala Bang Rocas

Hai, Corsa Riders. Gimana nih kabarnya? Semoga Corsa Riders yang budiman dalam keadaan sehat ya. Bang Rocas punya tips riding nyaman dan simple untuk kamu yang pengen berkendara jarak dekat maupun jauh supaya lebih safety. Yuk, disimak.Tidak Disarankan untuk Menggunakan Helm Secara Bergantian Saran Bang Rocas yang pertama, jangan gunain helm secara bergantian mau itu sama pacar, keluarga, atau teman. Bang Rocas ingatkan lagi nih untuk selalu gunain visor supaya benda asing nggak masuk sembarangan, apalagi kalau sampai masuk ke mata pas kamu lagi di perjalanan. Bahaya banget!Pastiin Badan Kamu FitTerus, sebelum kamu mulai berkendara, jangan lupa cek suhu tubuh untuk mastiin kondisi badan kamu fit dan sehat walafiat. Tapi, kalau suhu tubuh kamu lebih dari 37,5 derajat, Bang Rocas saranin jangan beraktivitas di luar rumah dulu deh. Soalnya kesehatan itu mahal. Jangan Lupa Cek Kondisi Motor Penting juga cek kondisi motor kamu, terutama kalau motor kamu udah lama nggak dipakai. Misalnya, cek kondisi oli motor. Terus jangan sampai terlewat untuk cek kondisi dan tekanan ban, sehabis itu cek sistem pengereman, kopling, dan kondisi lampu juga penting untuk dicek supaya kita tahu apakah lampu-lampu motor kamu masih berfungsi dengan baik atau perlu diganti.Siapkan Riding Gear Sesuai dengan Standar BerkendaraSelain periksa kondisi motor, pastiin juga riding gear yang sesuai sama standar berkendara, misalnya helm, sarung tangan, terus jaket. Bang Rocas saranin kamu untuk bawa masker cadangan, buat antisipasi aja kalau masker kotor atau basah pas lagi bawa motor. Kalau memungkinkan, sarung tangannya harus full cover alias nutupin seluruh bagian tangan, ya, Corsa Riders! Jangan lupa juga untuk cuci tangan sebelum dipakai. Nah, itulah beberapa tips sederhana yang bisa kamu ikuti pas lagi berkendara supaya tetap nyaman dan ningkatin aspek keselamatan. Oh iya, jangan lupa sebelum Corsa Riders berangkat, berdoa dulu supaya selalu dalam lindungan Tuhan di mana pun dan kapan pun. Hati-hati di jalan!  
07.05.2019 - 13:58

Mitos Seputar Penggunaan Nitrogen Untuk Ban Motor

Saat ini semakin banyak pengendara yang mengisi ban kendaraan mereka menggunakan angin nitrogen. Tidak hanya pengendara mobil, pengendara motor juga mulai ramai beralih ke nitrogen. Seiring dengan maraknya penggunaan nitrogen, muncul “mitos” yang belum tentu benar seputar penggunaan nitrogen sebagai angin ban. Mitos: Nitrogen tidak bisa dipakai di velg jari-jariFakta: Salah, nitrogen dapat dipakai di velg jari-jariVelg jari-jari tidak terpangaruh oleh penggunaan jenis angin pengisi ban. Justru nitrogen yang mengandung sedikit air. Sehingga pelek jari-jari yang terbuat dari besi tidak akan mudah berkarat.Mitos: Tekanan angin ban akan lebih stabilFakta: Benar, dengan nitrogen tekanan ban akan lebih stabilPartikel nitrogen yang lebih besar daripada udara biasa membuat partikel tidak mudah keluar dari velg. Selain itu nitrogen tidak mudah menyusut dan memuai. Sehingga tekanan ban motor anda akan lebih stabil.Mitos: Nitrogen membuat laju motor lebih ringanFakta: Tidak sepenuhnya benarMemang benar berat masa nitrogen lebih ringan daripada angin biasa. Namun nitrogen hanya lebih ringan sekitar 5% dari berat masa angin biasa. Karena perbedaan berat masa yang sedikit, anda tidak akan merasakan bedanya ketika sedang memacu mtor anda.Mitos: Nitrogen hanya dapat digunakan untuk ban tubelessFakta: Salah, Nitrogen dapat digunakan di semua tipe banPada dasarnya semua tipe ban membutuhkan tekanan angin yang stabil. Seperti yang telah disebutkan di atas, nitrogen akan membuat tekanan ban lebih stabil sehingga membuat umur hidup ban lebih panjang. Jadi nitrogen dapat digunakan untuk semua tipe ban, tidak terkecuali untuk ban tipe tube.
06.09.2019 - 13:54

Enam Komponen Motor yang Wajib Diperiksa Setelah Perjalanan Jauh

9Halo Corsa rider! Setelah musim libur lebaran berlalu, sekarang saatnya untuk kembali beraktivitas kembali. Bagi kamu yang selama liburan berkendara jarak jauh menggunakan motor kesayangan untuk kembali ke kampung halaman atau sekedar bersilahturahmi ke rumah keluarga, kamu harus memeriksa kondisi motor kamu. Agar kondisi motor kembali prima dan tangguh untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Lalu komponen apa saja yang harus kita periksa? Check this out Bro!Oli mesinSetelah menempuh jarak panjang, sebaiknya kamu segera mengganti oli mesin motor. Umumnya oli diganti setelah menempuh jarak 1.500-2.000 km. Namun walau hanya menempuh jarak ratusan kilo, oli dapat menjadi encer lebih cepat. Karena oli mesin bekerja terus menerus untuk melumasi mesin. Karena itu dianjurkkan untuk langsung mengganti oli mesin setelah menempuh perjalanan jarak, agar kondisi mesin tetap prima dan mencegah kerusakan mesin.RemPeriksa kondisi rem depan dan belakang karena komponen keselamatan berkendara itu bekerja maksimal selama motor digunakan dalam perjalanan jarak jauh. Rem akan cepat habis jika keadaan jalan berhenti kemudian jalan secara terus-terusan di jalur yang macet. Selain kondisi rem, kamu juga harus memeriksa tromol dan piringan cakram.Rantai dan V-beltKekencangan dan keausan rantai motor juga harus diperhatikan setelah motor digunakan dalam perjalanan jarak jauh. Setelah dipakai jarak jauh, rantai motor bisa mengendur dan aus. Kalau dibiarkan bisa putus. Sedangkan pengguna motor matic harus memeriksa V-belt (tali kipas dalam CVT) dan kondisi roller yang ada di dalamnya.SuspensiJangan lupa mengecek kondisi suspensi kendaraan kamu yang bisa saja rusak jika sepeda motor melintasi jalan yang bergelombang dengan muatan yang berat. Per-per pada motor juga bisa rusak apabila ada pasir yang menempel di tabung suspensi sehingga merusak seal dan membuat oli shockbreaker bocor.Ban dan velgPeriksa kondisi ketebalan dan alur ban setelah menempuh jarak panjang. Karena pada umumnya umur pemakaian ban hanya bertahan ± 10.000 km. Jika kamu menemukan kondisi tapak ban sudah menipis segera ganti dengan ban baru. Karena ban daya cengkram ban motor yang tipis sudah sangat berkurang, sehingga mempengaruhi handling berkendara. Jika kamu menginginkan atau membutuhkan ban yang lebih awet, kamu bisa memilih Corsa Platinum V22 dan V33. Ban tersebut memiliki teknologi Ecosave. Teknologi tersebut membuat ban V22 dan V33 memiliki tingkat keawetan yang tinggi, namun tidak mengorbankan daya traksi. Hal ini telah terbukti melalui test yang dilakukan oleh test rider profesional. Dengan perjalanan Aceh hingga Bandung, ban V22 dan V33 terbukti lebih hemat 80% dari ban standar merek lain dan lebih hemat 45% dari ban ecotire lainnya.Untuk rider yang motornya menggunakan ban ukuran rim 13, tidak perlu khawatir. Karena Corsa juga memiliki Corsa Platinum M5 yang keawetannya juga tidak kalah dengan duo Corsa Platinum V Series. Karena ban ini juga sudah menggunakan teknologi silica compound yang membuat ban menjadi lebih awet tanpa mengorbankan grip.KaburatorWalaupun motor tetap terasa nyaman digunakan, tidak ada salahnya jika kamu melakukan memeriksa kinerja karburator atau injector motor. Biasanya setelah dipakai jarak jauh, settingan karburator berubah. Kalau dibiarkan akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.Itulah keenam komponen motor yang harus kamu periksa setelah perjalanan jauh. Bukan hanya setelah perjalanan pulang kampung saja. Namun selalu periksa keenam komponen tersebut setelah kamu melakukan perjalanan jarak jauh, seperti setelah perjalanan touring atau perjalanan ke luar kota. Agar kondisi motor kesayangan kita selalu tangguh!
04.01.2019 - 18:06

8 Perlengkapan yang Wajib Dibawa Saat Touring Motor

Kegiatan touring motor merupakan sebuah perjalanan yang menyenangkan.  Ditambah lagi ketika rute yang dilalui melawati medan perjalanan dengan nuansa alam yang indah. Pastinya perjalanan touring motor akan bertambah menyenangkan! Namun jika tidak dipersiapkan dengan matang, touring yang seharusnya menyenangkan dapat berubah menjadi suatu mimpi buruk. Untuk menghindari hal tersebut, Corsa sudah menyusun daftar delapan perlengkapan yang wajib dibawa ketika touring. Dengan membawa peralatan yang tepat, kamu dapat meminimalkan resiko selama perjalanan. So check this out bro!Jaket Anti HujanJaket menjadi salah satu pakaian yang paling penting untuk dibawa saat touring motor. Sebab kamu akan menghabiskan banyak waktu di jalanan dengan kondisi dan cuaca yang tak terduga. Dengan membawa jaket anti hujan, kamu akan siap untuk menghadapi hujan yang tiba-tiba menghadang saat perjalanan.Kotak P3K dan ObatKetersediaan obat-obatan dan kotak Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) dalam perjalanan touring wajib keberadaannya. Bukan hanya sebagai pertolongan pertama di saat terjadi kecelakaan, ketersediaan obat-obatan penting dan kotak P3K juga berguna jika kamu mengalami gejala tidak enak badan.Uang TunaiMembawa uang tunai mungkin terlihat beresiko. Padahal hal ini diperlukan saat kamu melewati rute touring yang daerahnya tak memiliki ATM. Hanya selalu pisahkan uang di beberapa tempat tertentu di luar dompet kamu, sekedar untuk berjaga-jaga dari kemungkinan pemerasan atau dompet kamu hilang saat berkendara.Tool KitMotor kamu wajib disediakan dengan tool kit. Setidaknya untuk kerusakan minor seperti baut-baut motor yang longgar, atau untuk mengganti beberapa part minor di motor kamu masih bisa melakukannya sendiri tanpa harus ke bengkel motor.Flat Tire Repair KitPerangkat ini mungkin bagi sebagian pengguna motor tak begitu penting. Tapi saat motor kamu mengalami kebocoran ban, maka perangkat ini sangat berguna. Dilengkapi dengan pompa/tabung gas, obeng, lem dan karet untuk tambal ban. Dengan alat ini menambal ban motor bisa dilakukan dengan mudah dan seorang diri.Senter dan Pemantik ApiPenggunaan senter dan pemantik api cukup berguna di kala perjalanan touring motor sudah memasuki waktu malam hari. Jika senter berfungsi sumber cahaya di saat malam hari. Pemantik api juga mampu menjadi penyelamat di kala kamu harus menyalakan api untuk memasak atau sekedar api unggun.GPS/ Peta FisikKemajuan teknologi membuat teknologi navigasi Global Positioning System (GPS) menjadi mudah digunakan. Hanya saja, penggunaan GPS seringkali terhalang oleh sinyal di Indonesia yang tidak terlalu baik. Sehingga peta fisik masih menjadi andalan utama saat touring motor. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika GPS dan atau peta fisik ini selalu tersedia saat kamu ingin melakukan touring motor.Power BankUntuk kamu yang memiliki smartphone, tersedianya power bank sangat berguna di saat touring. Dengan kapasitas daya yang besar, power bank siap menjamin smartphone kamu selalu memiliki daya yang cukup untuk  digunakan di kala perjalanan.Itulah delapan perlengkapan penting yang harus dibawa ketika akan berangkat touring. Bagi kalian pecinta touring, nantikan touring seru dari Corsa pada awal bulan April mendatang. Touring ini akan dilakukan oleh empat riders yang sudah tidak asing di dunia otomotif roda dua tanah air. Mereka akan menempuh perjalanan di pulau Sumatera dan Jawa, dengan 24 destinasi untuk satu pembuktian. Tunggu terus untuk updatenya di Instagram @Corsamc bro!
02.20.2019 - 16:51

Tips Penting Saat Mengalami Bocor Ban Di Jalan

Hello Corsa riders! Apakah kamu pernah mengalami ban bocor saat sedang asyik-asyik berkendara? Pasti rasanya sangat mengesalkan. Saat kamu mengalami kejadian tidak menyenangkan ini, hal pertama yang terlintas dalam benak kamu pasti membawa motor kamu ke bengkel terdekat untuk mendapatkan pertolongan pertama. Namun sebelum membawa motor kamu ke bengkel terdekat, ada beberapa tips yang perlu kamu ketahui. Walaupun tips-tips ini terlihat sederhana, namun tips-tips terseut dapat meminimalkan kerusakan. Sehingga kondisi ban motor kamu yang bocor tidak bertambah parah dan pada akhirnya tidak akan menguras uang kamu terlalu banyak.Berikut ini beberapa tips sederhana yang penting untuk kamu lakukan sebelum membawa ban motor kamu yang bocor ke bengkel, check this out bro!Memeriksa Kondisi BanSaat pertama kali kamu merasakan ban motor bocor, hal yang pertama kamu lakukan adalah segera memeriksa kondisi ban motor. Segera pastikan posisi benda tajam yang menyebabkan kebocoran.Jika ban motor kamu menggunakan ban dalam, maka segera cabut benda tajam tersebut. Karena benda tajam yang masih menancap di ban dapat menyebabkan bocor tambahan di beberapa bagian. Bahkan bisa menyebabkan ban dalam tidak dapat dipakai lagi.Namun jika kamu menggunakan ban tubeless sebaiknya jangan mencabut benda tajam tersebut, sampai kamu tiba di bengkel terdekat.Buka Baut Penahan PentilJika ban motor kamu tipe tube type, langkah kedua adalah membuka baut penahan pentil. Setelah itu masukan pentil kedalam velg, sebelum kamu menuntun motor kamu ke bengkel terdekat. Hal ini bertujuan agar ban dalam kamu tidak robek pada bagian pentilnya. Saat kamu membawa motor ke bengkel terdekat sebaiknya dituntun, jangan dinaiki.Sebab beban kamu saat menaiki motor dapat mengakibatkan kerusakan ban yang lebih parah, bahkan dapat menyebabkan velg motor penyok.Itulah beberapa tips namun sangat bermanfaat saat kamu mengalami kempes ban motor. Untuk mencegah sering mengalami kempes ban pastikan kamu menggunakan ban dengan kualitas terbaik, seperti ban-ban Corsa. Ban Corsa terbuat dari kompon terbaik. Sehingga tangguh menghadabi benda-benda tajam dan tidak mudah bocor. Keep safe and happy riding bro!